PROGRAM CSR HINO INDONESIA : TANAM 33.000 POHON BAKAU

TANGERANG – Rusaknya hutan bakau atau tanaman mangrove di pesisir pantai utara pulau Jawa, mendorong Hino Indonesia (PT. Hino Motors Sales Indonesia/HMSI dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia/HMMI) untuk melakukan rehabilitasi pantai sekaligus mengurangi pemanasan global dengan program kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan penanaman pohon bakau atau mangrove di kawasan pinggir pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang – Banten. Penanaman pohon mangrove ini dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup – Balthasar Kambuaya bersama dengan Solidaritas Gabungan Istri Kabinet Bersatu (SIKIB), President Director HMSI – Toshiro Mizutani, President Director HMMI – Akihito Yamanaka, dan  Karyawan Hino Indonesia.

 

Acara yang dilaksanakan di hari sabtu, 16 Maret 2013 ini adalah kerjasama antara Hino Indonesia dengan Solidaritas Istri Kabinet Bersatu (SIKIB) yang diketuai oleh Ibu Ani Yudhoyono.

 

President Director HMSI Toshiro Mizutani mengungkapkan, “Hino peduli dengan kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman kembali pohon bakau atau mangrove agar dapat menghijaukan kembali pinggir pantai di pesisir jawa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat sekitar agar dapat menjaga kelestarian hutan bakau serta dapat memanfaatkannya secara alami.”

 

“Hino Indonesia akan terus bergerak ke tahap berikutnya sesuai misi perusahaan. Menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman , ekonomis, dan tetap bertanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan, dengan memperhatikan pengembangan yang berkesinambungan, dan sebagai warga masyarakat indonesia yang baik“. Mizutani menambahkan.

 

Selain itu, menurut President Director HMMI Akihito Yamanaka, “Kami mengharapkan penanaman 33.000 bibit pohon bakau ini menjadi salah satu cara terbaik untuk melawan pemanasan global, dan kedepannya hutan bakau ini dapat dimanfaatkan sebagai tambak-tambak udang dan ikan yang alami sesuai dengan habitatnya. Sementara itu, menunggu hutan bakau sampai dapat dijadikan tambak-tambak dan dimanfaatkannya tanaman bakau tersebut (seperti; emping/krupuk dari buah bakau, dll). Program CSR HINO ini juga memberi bantuan kepada masyarakat untuk ternak bebek dan ikan bandeng.

 

“Kegiatan penanaman pohon bakau ini adalah tindak lanjut dari acara penyerahan simbolis CSR Hino Indonesia di perayaan Hino yang ke 30 tahun pada 17 Desember 2012 lalu. Dan hari ini adalah wujud realisasi HINO Indonesia untuk CSR tahun 2012, sebelumnya beberapa waktu lalu Hino Indonesia telah membantu pemberdayaan Komunitas Petani Ikan Tawar dan Komunitas Petani Manggis di Purwakarta. Dengan tujuan mendukung pertumbuhan pertanian buah Manggis dan meningkatkan kesejahteraan petani manggis serta kesejahteraan Nelayan Ikan air tawar di daerah Purwakarta. ujar Yamanaka

 

Hino Indonesia telah melakukan pelbagai aktivitas CSR seperti memberikan mobil klinik mata kepada JFF Bali, Mobil POSYANDU Keliling untuk Kabupaten Purwakarta, Mobil Donor Darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI), Program penanaman pohon bekerjasama dengan WWF dan juga ikut serta dalam program Pemerintah – Tanam 1 juta pohon di beberapa wilayah termasuk Purwakarta, Tangerang dan Bogor,  sedangkan sektor pendidikan Hino Indonesia bekerjasama dengan Yayorin dan SIKIB.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Hi 👋🏼,

Ada yang bisa kami bantu?
Powered by